Cara Menggerakan Objek openGL Menggunakan Keyboard (Java)

Halauw!

Nama saya Cuk Exsa Ariel Deva Septiagis, panjang ya? Susah ya? Biarin dong!
Kali ini kita akan belajar tentang menggerakkan objek yang kita buat di openGL.
Objek yang kita buat nantinya akan kita buat untuk bisa bergerak mengikuti keyboard. Menarik bukan?
Kita disini akan menggunakan bahasa pemrograman Java untuk membuatnya, dengan menggunakan library LWJGL.

Baiklah kita mulai ke caranya saja :

1. Power on Laptop atau PC kamu. Jika sudah, skip langkah ini

2. Buka compiler kamu, untuk Java bisa menggunakan Netbeans.

3. Buat project dengan nama sesukamu.

4. Import library LWJGL,
dengan cara klik kanan pada Library > Add Library > LWJGL

5. Buatlah bentuk apa saja, misalkan disini saya akan membuat lingkaran.

6. Masukkan skrip dibawah diatas skrip bentuk/objek, untuk menggerakkan objek yang telah dibuat.

Untuk hotkey, boleh bebas. Kamu hanya perlu merubah di bagian KEY_UP, KEY_DOWN, KEY_LEFT maupun KEY_RIGHT.

7. Selesai, sekarang objek yang kamu buat bisa bergerak sesuai keyboard yang kamu tekan.

Penulis Cuk Exsa Ariel