Membuat Titik Dengan LWJGL

Hi fellas! Nama saya Amirah Fathin Assyfa dari kelas XII – RPL A, pada kesempatan inisaya akan tutorial membuat titik menggunakan openGL with java. Pada java saya mengunakan NetBeans Versi 8.0.1 dan OpenGL. OpenGL adalah kumpulan standard API (Application ProgrammingInterface) yang menghubungkan software dengan hardware grafis untuk menampilkan gambar 2D dan 3D.


1. Langkah pertama buka aplikasi netbeans dan buat project baru File -> New Project,pilih kategory Java->Java Application -> beri nama project

2. Klik kanan form library -> Add Library

3. Pilih LWJGL pada folder Libraries yang telah kita buat pada kesempatan sebelumnya

4. Kemudian klik kanan pada project -> Properties

5. Pilih run pada form Categories dan isikan alamat direktori LWJGL anda pada VM Options

6. Setelah itu, tulis script seperti di bawah ini! (penjelasan script ada di komentar)
package membuat titik;

import java.util.logging.Level; import java.util.logging.Logger; import org.lwjgl.LWJGLException; import org.lwjgl.input.Keyboard; import org.lwjgl.input.Mouse; import org.lwjgl.opengl.Display; import org.lwjgl.opengl.DisplayMode; import static org.lwjgl.opengl.GL11.*; import static org.lwjgl.util.glu.GLU.gluOrtho2D;
public class MembuatTitik {
//untuk membuat ukuran canvas public int DISPLAY_WIDTH = 200; public int DISPLAY_HEIGHT = 200; //untuk merender objek public void render() { glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); glLoadIdentity(); glColor3f(0.0f, 1.0f, 0.0f); // untuk mengatur warna objek glPointSize(10); // untuk mengatur ukuran titik glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(100, 100); glEnd();
}
public static void main(String[] args) { MembuatTitik main = null; try { System.out.println(“Keys:”); System.out.println(“esc – Exit”); main = new MembuatTitik(); main.create(); main.run(); } catch (Exception ex) { Logger.getLogger(MembuatTitik.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex); } finally { if (main != null) { main.destroy(); } } }
private void create() throws LWJGLException { Display.setDisplayMode(new DisplayMode(DISPLAY_HEIGHT, DISPLAY_WIDTH)); Display.setFullscreen(false); Display.setTitle(“Membuat Titik”); Display.create(); Keyboard.create(); Mouse.setGrabbed(false); Mouse.create(); initGL(); resizeGL(); }
private void run() { while (!Display.isCloseRequested() && !Keyboard.isKeyDown(Keyboard.KEY_ESCAPE)) { if (Display.isVisible()) { render(); } else { if (Display.isDirty()) { render(); } try { Thread.sleep(100); } catch (InterruptedException ex) { } } Display.update(); Display.sync(60); } }
private void destroy() { Mouse.destroy(); Keyboard.destroy(); Display.destroy(); }
private void initGL() { glClearColor(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); // untuk mengatur warna background glDisable(GL_DEPTH_TEST); glDisable(GL_LIGHTING); }
private void resizeGL() { glViewport(0, 0, DISPLAY_WIDTH, DISPLAY_HEIGHT); glMatrixMode(GL_PROJECTION); glLoadIdentity(); gluOrtho2D(0.0f, DISPLAY_WIDTH, 0.0f, DISPLAY_HEIGHT); glPushMatrix(); glMatrixMode(GL_MODELVIEW); glLoadIdentity(); glPushMatrix(); } }

7. Jika sudah selesai dan tidak ada muncul error, silahkan run program untuk melihat outputnya seperti di bawah ini.

Demikian tutorial kali ini, sampai bertemu di kesempatan berikutnya! Wassalamu’alaikum wr. wb

Penulis Amirah Fathin